Kamis, 19 Oktober 2023


 JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL

3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF BAGI MURID

 

Oleh:   Ratna Dewi

Calon Guru Penggerak Angkatan VIII

Fasilitator :  Ding Njuk

Pengajar Praktik: Gesra Bongga

Assalamualaikum wr wb.

Salam Guru Penggerak.

Perkenalkan saya Ratna Dewi, S.Pd. M.Pd Guru Penggerak Angkatan 8, kali ini akan menjabarkan tentang materi dari modul 3.3 tentang Pengelolaan Program yang berdampak positif pada murid.

Refleksi dwi mingguan ini saya paparkan dengan model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future). Model ini dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway, dengan tahapan sebagai berikut  :

1. Yang Pertama Fact (Peristiwa)

Pada akhirnya tibalah saatnya  kami pada modul terakhir, modul 3.3 tentang Pengelolaan Program yang berdampak positif bagi murid. setelah saya mengeksplore materi pada modul 3.3 ini ternyata banyak ilmu pengetahuan sehingga menambah wawasan saya.

Modul 3.3 merupakan modul terakhir yang harus dipelajari dalam rangkaian pelatihan guru penggerak angkatan 8. Kegiatan pembelajaran pada materi modul 3.3 ini juga dilakukan dalam waktu dua minggu. untuk memancing pemikiran dan rasa ingin tahu yang akan dipelajari dan untuk menggali lebih dalam konsep-konsep yang disampaikan dalam modul ini terdapat Pertanyaan Pemantik yaitu : 1)  Apa yang dimaksud dengan program yang berdampak pada murid ? dan 2)  Bagaimana kaitan antara program yang berdampak pada murid dengan kepemimpinan murid (student agency)  ?

Dalam modul ini, saya mempelajari materi tentang bagaimana sebaiknya menyusun sebuah program yang berdampak positif pada murid, cara menumbuhkan student agency (kepemimpinan murid) dengan suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership) murid, lingkungan yang mendukung tumbuh kembang kepemimpinan murid, serta pentingnya melibatkan komunitas untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid.

Selanjutnya pada tanggal 10 Oktober mulai masusk  materi selanjutnya yaitu Eksplorasi Konsep, pada tahapan ini saya sebagai CGP  masuk dalam aktivitas  ruang kolaborasi, pada sesi ini saya masuk dalam kelas B kelompok I untuk berdiskusi program Bersama bersama teman rekan sesama CGP  dan dibimbing oleh fasilitator kami yaitu Bapak Ding Njuk, kami mengeskplore semua materi dalam t bersama kelompok berdiskusi saya membuat program yang berdampak pada murid dan mempresentasikannya, dan menanggapi hasil pesentasi dari kelompok lain. Program yang direncanakan ini juga melihat aset yang dimiliki sekolah dan mampu menumbuhkan kepemimpinan murid.

Dimana asset yang dimilki oleh sekolah perlu dikelola dengan baik untuk menggali potensi yang ada pada murid sehingga maksimalisasi pendidikan tercapai sesuai kodrat alam dan zaman murid sebagaimana cita-cita Ki Hajar Dewantara bapak pendidikan Nasional. Asset sekolah adalah modal manusia, modal sosial, modal fisik, modal lingkungan,modal financial,modal politik, modal agama dan budaya.

Kemudian pada tanggal 15 Oktober berlanjut dengan Refleksi Terbimbing dan Demonstrasi Kontekstual. Demonstrasi kontekstual merupakan rancangan program yang berdampak pada murid dengan menggunakan pemenuhan tahapan BAGJA .

Pada pada tanggal 18 Oktober masuk pada modul 3.3 yaitu koneksi antar materi. saya melakukan koneksi antar materi yang telah dipelajari dari modul modul sebelumnya untuk membuat sintesa pemahaman tentang program sekolah yang berdampak pada murid. 

Setelah itu saya buat aksi nyata sebagai implementasi dari pemahaman saya terhadap semua materi dalam modul ini. Aksi nyata merupakan materi yang terakhir pada modul ini dan  dilaksanakan pada tanggal 17 November, dimana pada tahap ini saya akan memaparkan dan mempresentasikan semua kerja nyata saya selama saya mengikuti pelatihan guru penggerak.

Hambatan tentu saja ada dalam mempelajari modul ini antara lain, saya masih bingung untuk memahami beberapa materi secara individu. Namun setelah mendapatkan penguatan dari fasilitator dan instruktur, saya dapat memahami materi tersebut dengan baik. Selain itu, saya juga berdiskusi dengan rekan-rekan CGP yang ada di sekolah saya untuk memperkuat pengetahuan saya mengenai materi di modul 3.3 ini.

2. Yang Kedua Feelings (Perasaan)

Saya merasa senang, bahagia dan merasa tertantang ketika mengikuti pembelajaran dalam modul ini. Selain materinya yang sangat menarik dan menantang, modul ini juga merupakan modul terakhir yang harus saya pelajari dimana nantinya, saya harus bersiap untuk mengimplementasikannya di kelas atau di sekolah saya. Selain itu, saya juga merasa senang karena banyak ilmu-ilmu dan pengetahuan baru yang saya peroleh selama mengikuti kegiatan PGP ini.Saya juga merasa senang gembira ketika pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam benak saya saat saya merefeksikan pada bagian mulai dari diri dapat terjawab dengan baik. Ada hal menarik yang terjadi pada pembelajaran di modul ini, yaitu saat saya harus menyelesaikan tugas demonstrasi kontekstual, koneksi antar materi dan aksi nyata. Dalam sesi Demonstrasi kontekstual saya membuat sebuah program secara mandiri. Program yang saya buat yaitu GEMA LITUM DAN BTA,  Ada rasa senang ketika saya dapat merancang sebuah program dan melibatkan murid didalamnya.

3. Yang Ketiga Findings (Pembelajaran)

Pembelajaran yang saya dapatkan setelah mempelajari modul ini sebagai berikut.

Sebelum saya menyusun sebuah program, maka terlebih dahulu saya melihat aset/kekuatan yang dimiliki oleh sekolah dan betapa pentingnya melibatkan murid sebagai mitra dalam penyusunan, pelaksanaan, dan evaluasi program. Murid dapat dilibatkan dengan memberikan kesempatan mereka untuk berpendapat (suara) lalu menentukan pilihannya sehingga murid merasa memiliki, merasakan manfaat dari program yang akan dikembangkan. Betapa pentingnya menciptakan lingkungan yang positif dalam menumbuhkan student agency. Betapa pentingnya dukungan dari semua pihak/komunitas dalam menumbuhkan kepemimpinan murid. Kemudian prakarsa perubahan yang akan dilakukan  dengan menambahkan unsur suara, pilihan, dan kepemilikan murid. Dalam proses pembelajaran modul ini, saya juga memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru. Pengalaman saya dalam merancang sebuah program yang melibatkan murid dan mengimplementasikannya dengan tahapan BAGJA merupakan hal baru bagi saya karena selama ini saya. Dari hal inilah saya akhirnya menyadari bahwa saya ternyata mampu untuk melewati tantangan dalam menyusun sebuah program yang berdampak pada murid.

4. Yang Keempat Future (Penerapan)

Setelah saya mempelajari modul ini dengan baik, tentunya saya ingin melaksanakan program yang telah saya rancang dengan murid yang sudah saya rancang dalam demonstrasi kontekstrual. Saya ingin bisa berbagi dengan rekan sejawat, tentang bagaimana mengelola program yang berdampak positif pada murid. Harapannya program ini dapat menumbuhkan kepemimpinan murid dan mewujudkan karakter profil pelajar pancasila. Selain itu, saya juga akan berbagi pengetahuan dan pengalaman saya dalam menyusun program yang berdampak positif pada murid ini pada rekan-rekan sejawat baik disekolah maupun dalam komunitas tingkat kecamatan, kabupaten kota sampai ke provinsi bahkan nusantara. Dan tentunya dengan murid di sekolah.


Demikian jurnal refleksi modul 3.3, semoga bermanfaat.

Wassalamualaykum wr wb.

Salam Guru Penggerak

Tergerak

Bergerak

Menggerakkan

1 komentar:

  1. iya dalam membuat progam untuk murid terdapat 4 hal penting yang diutamakan, yaitu fact, feeling, finding, dan future demi membuat program yang baok

    BalasHapus

  JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF  BAGI MUR ID   Oleh:    Ratna Dewi Calon Guru Pe...