Senin, 04 September 2023

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.1 : tentang Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi

Saya Ratna Dewi, Calon Guru Penggerak Angkatan 8 dari SD Negeri 023 Loa Janan Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. Pada kesempatan ini saya akan menulis mengenai Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.1 tentang Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal ini dibuat untuk melakukan refleksi diri setelah mengikuti sebuah kegiatan pendidikan. Di postingan ini saya menulis jurnal Refleksi Dwi Mingguan sesuai dengan pengalaman saya dalam proses pendidikan guru penggerak Angkatan ke-8. Jurnal refleksi ini saya tulis setelah saya mengikuti dan mempelajari modul 2.1. Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Murid. Dalam menulis jurnal, saya menggunakan model 4F, yakni Fact (peristiwa), Feeling (perasaan), Findings (pembelajaran), Future (penerapan). Untuk memudahkan memahaminya, 4F tersebut saya terjemahkan dalam bahasa pertanyaan, yakni 1) apa yang saya alami; 2) apa yang saya rasakan; 3) apa yang saya dapatkan; dan 4) apa yang akan saya lakukan.Berikut jurnal refleksi dwimingguan modul 2.1. Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Murid.

A.     Apa yang saya alami.

Saya memulai membuka modul 2.1. pada tangal 1 Agustus 2023 di LMS dengan mengerjakan pretest. Saya mengerjakan 18 soal dalam pretest tersebut. Setelah itu, saya mempelajari modul 2.1. dengan alur MERDEKA, yakni:

1.   Mulai dari Diri

Saya mulai mempelajari modul 2.1. dengan membuka tautan mulai dari diri. Di sini saya mendapat tugas untuk melakukan refleksi diri. Ada empat pertanyaan yang harus saya jawab. Hasil refleksi saya dokumentasikan di blog pribadi saya.

2.   Eksplorasi Konsep

Di bagian eksplorasi konsep, saya belajar di LMS tentang pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar semua murid. Saya mulai belajar tentang pembelajaran berdiferensiasi dan miskonsepsinya. Saya juga belajar mengenai kesiapan belajar, minat murid, dan profil belajar murid. Di bagian ini saya juga mendapat tugas untuk membuat diagram Frayer mengenai pembelajaran diferensiasi.  

Setelah itu saya, melakukan diskusi asinkron. Ada beberapa topik dalam diskusi asinkron dengan kelompok saya yang beranggotakan 4 orang yaitu  Siti Khoiriyah (SD), Pramudya Wella Sakarosa (SD), Ratna Dewi (SD) dan Muhammad Riski (SD). Kelas Elaborasi pemahaman 2.1 Sesi 2 Wita mulai 15.30 – 17.00 melalui LMS dibimbing oleh Irham.  Pada hari Selasa tanggal1 Agustus 2023.  Pada sesi ini kami mengerjakan  :

a.   Menganalisis video penjelasan mengenai strategi pembelajaran berdiferensiasi, mulai dari diferensiasi konten, proses, dan produk

b.   Menganalisis artikel tentang penilaian dalam pembelajaran berdiferensiasi

c.   Ruang Kolaborasi

Ruang kolaborasi dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah diskusi dengan anggota kelompok dan yang kedua adalah presentasi hasil diskusi tersebut. Semua itu dilakukan secara daring atau melalui Gmeet.  

d.   Demonstrasi Kontekstual

e.   Elaborasi Pemahaman Di bagian ini, saya ditugasi untuk memberikan pertanyaan yang dapat menguatkan pemahaman saya tentang isi modul 2.1.

Beberapa pertanyaan yang akan menguatkan pemahaman saya akan materi konsep di Modul 2.1. ini adalah:

Salah satu pemetaan kebutuhan belajar siswa adalah dengan memetakan berdasarkan kemampuan awal. Siswa yang berkemampuan awal baik, mendapat tugas yang lebih kompleks, sedangkan siswa yang berkemampuan awal rendah diberikan tugas yang lebih sederhana. Namun, biasanya siswa yang bekemampuan awal rendah walaupun diberikan tugas yang sederhana, mereka mengerjakan dengan sembarangan atau bahkan tidak mengerjakannya. Bagaimana cara mengatasi hal tersebut?

f.    Koneksi Antar-Materi

Di bagian koneksi antarmateri Modul 2.1 ini, saya membuat penjelasan mengenai:

1). Simpulan tentang pembelajaran diferensiasi

2). Alasan pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan membantu mencapai hasil belajar yang optimal

3). Kaitan antara materi dalam modul ini dengan modul lain di Program Pendidikan Guru Penggerak

Penjelasan mengenai materi di atas saya buat dalam video Youtube  

g.   Aksi Nyata

Aksi nyata berisi pemahaman saya tentang modul 2.1 yang diterapkan secara nyata. Di aksi nyata ini saya melakukan pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran diferensiasi yang saya lakukan mengambil materi Energi Yang Tersimpan. Mata pelajaran IPAS IV (Empat)/I (Satu) SD Negeri 023 Loa Janan

B.      Apa yang Saya Rasakan?

Selama saya mempelajari Modul 2.1., saya merasakan perasaan yang semangat, bangga, senang, dan tentunya tertantang. Saya semangat karena di modul 2.1. ini saya bisa mempelajari materi tentang pembelajaran berdiferensiasi yang cukup menarik. Saya bisa lebih paham tentang kebutuhan belajar siswa yang bisa dijadikan landasan dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi. Saya bangga karena saya memiliki kesempatan untuk mempelajari materi yang sangat luar biasa dan sangat bermanfaat untuk mewujudkan pembelajaran yang berpihak kepada siswa. Saya senang karena bisa berkolaborasi dengan teman CGP lain untuk menganalisis rancangan pembelajaran berdiferensiasi. Saya juga sangat tertantang dengan tugas-tugas yang diberikan di sela kesibukan saya sebagai guru di sekolah.

C.      Apa yang Saya Dapatkan

Di Modul 2.1. saya mendapatkan materi tentang pembelajaran berdiferensiasi. Di dalamnya saya memahami cara mengetahui kebutuhan belajar siswa, yakni dengan cara mengetahui kesiapan belajar, minat murid, dan profil belajar siswa.

D.     Apa yang Akan Saya Lakukan?

Setelah memahami materi dalam modul 2.1., saya akan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di sekolah. Tentunya dengan melakukan perencanaan yang matang, mulai dari pembuatan RPP/modul ajar, pembuatan/persiapan media, dan lain-lain.

 

 

1 komentar:

  JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF  BAGI MUR ID   Oleh:    Ratna Dewi Calon Guru Pe...