Saya Ratna Dewi, Calon Guru Penggerak Angkatan 8 dari SD Negeri 023 Loa Janan Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. Pada kesempatan ini saya akan menulis mengenai Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.1 tentang Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal ini dibuat untuk melakukan refleksi diri setelah mengikuti sebuah kegiatan pendidikan. Di postingan ini saya menulis jurnal Refleksi Dwi Mingguan sesuai dengan pengalaman saya dalam proses pendidikan guru penggerak Angkatan ke-8. Jurnal refleksi ini saya tulis setelah saya mengikuti dan mempelajari modul 2.1. Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Murid. Dalam menulis jurnal, saya menggunakan model 4F, yakni Fact (peristiwa), Feeling (perasaan), Findings (pembelajaran), Future (penerapan). Untuk memudahkan memahaminya, 4F tersebut saya terjemahkan dalam bahasa pertanyaan, yakni 1) apa yang saya alami; 2) apa yang saya rasakan; 3) apa yang saya dapatkan; dan 4) apa yang akan saya lakukan.Berikut jurnal refleksi dwimingguan modul 2.1. Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Murid.
A. Apa yang saya alami.
Saya memulai membuka modul 2.1. pada tangal 1 Agustus
2023 di LMS dengan mengerjakan pretest. Saya mengerjakan 18 soal dalam pretest
tersebut. Setelah itu, saya mempelajari modul 2.1. dengan alur MERDEKA, yakni:
1. Mulai dari Diri
Saya mulai mempelajari modul 2.1. dengan membuka
tautan mulai dari diri. Di sini saya mendapat tugas untuk melakukan refleksi
diri. Ada empat pertanyaan yang harus saya jawab. Hasil refleksi saya
dokumentasikan di blog pribadi saya.
2. Eksplorasi Konsep
Di bagian eksplorasi konsep, saya belajar di LMS
tentang pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar semua murid. Saya mulai
belajar tentang pembelajaran berdiferensiasi dan miskonsepsinya. Saya juga
belajar mengenai kesiapan belajar, minat murid, dan profil belajar murid. Di
bagian ini saya juga mendapat tugas untuk membuat diagram Frayer mengenai
pembelajaran diferensiasi.
Setelah itu saya, melakukan diskusi asinkron. Ada
beberapa topik dalam diskusi asinkron dengan kelompok saya yang beranggotakan 4
orang yaitu Siti Khoiriyah (SD), Pramudya
Wella Sakarosa (SD), Ratna Dewi (SD) dan Muhammad Riski (SD). Kelas Elaborasi pemahaman
2.1 Sesi 2 Wita mulai 15.30 – 17.00 melalui LMS dibimbing oleh Irham. Pada hari Selasa tanggal1 Agustus 2023. Pada sesi ini kami mengerjakan :
a. Menganalisis video
penjelasan mengenai strategi pembelajaran berdiferensiasi, mulai dari
diferensiasi konten, proses, dan produk
b. Menganalisis artikel
tentang penilaian dalam pembelajaran berdiferensiasi
c. Ruang Kolaborasi
Ruang kolaborasi dibagi menjadi dua bagian. Bagian
pertama adalah diskusi dengan anggota kelompok dan yang kedua adalah presentasi
hasil diskusi tersebut. Semua itu dilakukan secara daring atau melalui Gmeet.
d. Demonstrasi
Kontekstual
e. Elaborasi Pemahaman Di
bagian ini, saya ditugasi untuk memberikan pertanyaan yang dapat menguatkan
pemahaman saya tentang isi modul 2.1.
Beberapa pertanyaan yang akan menguatkan pemahaman
saya akan materi konsep di Modul 2.1. ini adalah:
Salah satu pemetaan kebutuhan belajar siswa adalah
dengan memetakan berdasarkan kemampuan awal. Siswa yang berkemampuan awal baik,
mendapat tugas yang lebih kompleks, sedangkan siswa yang berkemampuan awal
rendah diberikan tugas yang lebih sederhana. Namun, biasanya siswa yang
bekemampuan awal rendah walaupun diberikan tugas yang sederhana, mereka
mengerjakan dengan sembarangan atau bahkan tidak mengerjakannya. Bagaimana cara
mengatasi hal tersebut?
f. Koneksi Antar-Materi
Di bagian koneksi antarmateri Modul 2.1 ini, saya
membuat penjelasan mengenai:
1). Simpulan
tentang pembelajaran diferensiasi
2). Alasan
pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan
membantu mencapai hasil belajar yang optimal
3). Kaitan
antara materi dalam modul ini dengan modul lain di Program Pendidikan Guru
Penggerak
Penjelasan mengenai materi di atas saya buat dalam
video Youtube
g. Aksi Nyata
Aksi nyata berisi pemahaman saya tentang modul 2.1 yang diterapkan secara nyata. Di aksi nyata ini saya melakukan pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran diferensiasi yang saya lakukan mengambil materi Energi Yang Tersimpan. Mata pelajaran IPAS IV (Empat)/I (Satu) SD Negeri 023 Loa Janan
B. Apa yang Saya
Rasakan?
Selama saya mempelajari Modul 2.1., saya merasakan
perasaan yang semangat, bangga, senang, dan tentunya tertantang. Saya semangat
karena di modul 2.1. ini saya bisa mempelajari materi tentang pembelajaran
berdiferensiasi yang cukup menarik. Saya bisa lebih paham tentang kebutuhan
belajar siswa yang bisa dijadikan landasan dalam melaksanakan pembelajaran
berdiferensiasi. Saya bangga karena saya memiliki kesempatan untuk mempelajari
materi yang sangat luar biasa dan sangat bermanfaat untuk mewujudkan
pembelajaran yang berpihak kepada siswa. Saya senang karena bisa berkolaborasi
dengan teman CGP lain untuk menganalisis rancangan pembelajaran
berdiferensiasi. Saya juga sangat tertantang dengan tugas-tugas yang diberikan
di sela kesibukan saya sebagai guru di sekolah.
C. Apa yang Saya
Dapatkan
Di Modul 2.1. saya mendapatkan materi tentang
pembelajaran berdiferensiasi. Di dalamnya saya memahami cara mengetahui
kebutuhan belajar siswa, yakni dengan cara mengetahui kesiapan belajar, minat
murid, dan profil belajar siswa.
D. Apa yang Akan Saya
Lakukan?
Setelah memahami materi dalam modul 2.1., saya
akan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di sekolah. Tentunya dengan
melakukan perencanaan yang matang, mulai dari pembuatan RPP/modul ajar,
pembuatan/persiapan media, dan lain-lain.
keren
BalasHapus