Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT atas Rahmat dan Hidayah Nyalah saya diberi kesempatan untuk mengikuti Program Pendidikan Guru
Penggerak Angakatn 8
Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Yimur. Seperti biasa kami melakukan
pembelajaran secara online dan offline. Banyak sekali pembelajaran yang saya
peroleh dan banyak juga tugas yang saya kerjakan dan dikumpul sesuai waktu yang
di tentukan melalui LMS dari modul 1 sampai modul 3.
Tak terasa saya sudah menyelesaikan modul 3.1 Pengambilan
Keputusan Berbasis Nilai - Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin dimana merupakan
modul awal dari paket modul 3 ini. Sama seperti modul sebelumnya disetiap
akhir pembelajaran, saya harus melakukan refleksi pembelajaran yang sudah saya
peroleh dari modul ini. Di sini saya akan meyampaikan hasil refleksi saya
dengan menggunakan model 4 F atau 4P yaitu Facts (Peristiwa), Filling (Perasaan),
Findings (Pembelajaran) dan Future (Penerapan).
1. Facts ( Peristiwa )
Sebelum memasuki pembelajaran modul 3.1 terlebih dahulu di
awali dengan melakukan pre - test yaitu tepatnya tanggal 11 September 2023 yang berjumlah 18 soal.
Selanjutnya sama seperti modul sebelumnya pembelajaran dilakukan dengan alur
MERDEKA (Mulai dari diri, Eksplorasi konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi kontekstual, Elaborasi
Pemahaman, Koneksi antar materi dan Aksi nyata ).
Tahap pertama mulai dari diri yaitu
kegiatan ini pada tanggal
11 September 2023 dimulai
dengan menjawab beberapa pertanyaan yang terkait dengan pengambilan
keputusan berbasis nilai - nilai kebajikan sebagai pemimpin. Kemudian melakukan
survey dengan dihadirkan satu kasus dan melakukan analisa secara mandiri jika
menjadi seorang kepala sekolah.
Tahap kedua yaitu Eksplorasi Konsep. tanggal 12 - 13 September 2023 Dimana CGP
secara mandiri melakukan pembelajaran dan mendalami semua materi modul 3.1 yang
ada di LMS. Di sini CGP mempelajari kasus dilema etika dan bujukan moral.
Dibagian akhir dari eksplorasi terdapat forum diskusi dimana para CGP melakukan
analisa terhadap kasus yang ada di LMS
Tahap ketiga yaitu Ruang Kolaborasi. tanggal 14 - 15 September 2023 Di Ruang
Kolaborasi CGP dibagi menjadi beberapa kelompok, dan saya masuk pada Kelompok dua yang beranggotakan Ibu Endah Septiani dan Bapak Andre Hariyadi. Pembelajaran dilakukan secara online melalui Gmeet
yang di pandu oleh fasilisator kami Ibu Ida Rusdiati. Kami menganalisa sebuah
kasus dari permasalahan yang di ambil dari sekolah Andre Hariyadi. Dan keesokan harinya kami
melakukan presentasi atas hasil diskusi kami.
Foto Ketika Mewawancarai Salah Satu Kepala Sekolah, dok. pribadi
Tahap kelima adalah Elaborasi Pemahaman tanggal 20 September 2023 yang di awali dengan membuat pertanyaan. Kemudian tanggal 20 September 2023 CGP mengikuti Vcon Elaborasi Pemahaman dengan instruktur untuk lebih memahami mengenai pengambilan keputusan berbasis nilai - nilai kebajikan sebagai pemimpin.
Tahap keenam yaitu koneksi antar materi, tanggal
21 September 2023 mengaitkan
materi pengambilan keputusan berbasis nilai-nilai kebajikan sebagai pemimpin
dengan materi pada modul sebelumnya.
Tahap ketuju yaitu aksi nyata. tanggal 22 September 2023 Dimana CGP diminta untuk
mempraktikkan proses pengambilan keputusan, paradigma, prinsip dan pengujian
keputusan di sekolah.
Tangal tanggal 18
September 2023 kegiatan Pendampingan Individu ( PI 4) Saya melaksnakan
PI4 bersama ibu Gesra Bongga,SE.M.Si.
Di sini saya mendapatkan ilmu teknik coaching klinik supervisi akademik
dan saya juga melakuka praktek mengajar di hadapan beliau yaitu pembelajaran
berdiferesnisasi sosial emosional.
Dan tanggal 23 September 2023 kegiatan Lokakarya 4 Program Pendidkan Guru Penggerak Angkatan 8 Lokasi di SMP Negeri 2 Tenggarong dengan materi coaching untuk supervisi akademik dan kami banyak belajar praktek coaching sesama CGP
2. Filling ( Perasaan )
Perasaan saya setelah mempelajari modul 3.1 adalah sangat bersyukur, karena banyak pemahaman baru yang saya peroleh dalam mengambil suatu keputusan. dan saya merasa tertantang untuk menerapakan 4 paradigma pengambilan keputusan, 3 prinsip pengambilan keputusan dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan jika saya mengalami dilema etika di kehidupan saya. Pengambilan keputusan yang tepat tentunya berdampak pada terciptanya lingkungan yang positif, kondusif aman dan nyaman bagi semua stekholder sekolah
3. Finding ( Pembelajaran )
Pembelajaran yang saya peroleh dari modul 3.1 ini adalah
bahwa dalam pengambilan suatu keputusan haruslah berdasarkan nilai - nilai
kebajikan, berpihak pada muird dan dipertanggung jawabkan. Kemudian kita harus
mengidentifikasi terlebih dahulu apa permasalahan yang dihadapi apakah dilema
etika atau bujukan moral. Penerapan 4 paradigma pengambilan keputusan, 3
prinsip pengambilan keputusan dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan
sebagai langkah awal untuk menentukan apakah masalah tersebut dilema etika atau
bujukan moral.Dimana dilema etika itu adalah situasi keduanya benar dan bujukan
moral itu situasi benar atau salah. Apabila sebuah kasus sudah dipahami
sebagai pelanggarn hukum , maka langkah - langkah pengambilan keputusan tidak
perlu dilanjutkan karena sudah melewatu uji legal ( hukum ) yang menyatakan
kasus tersebut adalah benar lawan salah ( bujukan moral)
4. Future ( Penerapan )
Dengan pemahaman dan pengetahuan yang saya peroleh
diari modul 3.1 ini, saya akan mulai menerapkan 4 paradigma pengambilan
keputusan , 3 prinsip pengambilan keputusan dan 9 langkah pengambilan dan
pengujian keputusan jika saya dihadapakn dengan permasalahan situasi dilema
etika. Dan saya akan berbagi pengalaman dengan rekan sejawat saya mengenai
langkah - lagkah pengambilan keputusan ini. Agar nantinya kami dapat mengambil
keputusan sesuai dengan nilai - nilai kebajikan universal dapat dipertanggung
jawabkan dan semuanya berpihak pada murid.
ΩΩΩ Terima
kasih ΩΩ
ΩΩΩ Salam
dan Bahagia ΩΩΩ
Tidak ada komentar:
Posting Komentar